MERRINDA PUTRI A. S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Istilah

diposting oleh merrinda-p-a-fst10 pada 20 May 2012
di Umum - 0 komentar

 

 

Beberapa istilah yang behubungan dengan sistem operasi. Operating System (OS) merupakan penghubung pengguna komputer dengan hardware komputer. Secara umum pengertian operating system adalah sekumpulan program yang mengelola sumber daya komputer serta menyediakan layanan aplikasi software. Sebagai contoh kerja dari operating system adalah mengirim input yang masuk, mengirim output ke monitor dan mengontrol perangkat tambahan lain. Selanjutnya operating system mengatur aplikasi berbeda dapat dijalankan secara bersama-sama. Beberapa contoh dari OS adalah android, windows, iOS, symbian, dan Linux.

Kernel adalah software yang menjadi bagian utama dari operating system. Dalam waktu yang bersamaan biasanya akan diakses beberapa program, sedangkan akses terhadap hardware terbatas maka kernel ini yang berfungsi untuk mengatur pengaksesan pada perangkat keras tersebut. Seperti berapa lama program itu dipakai, dan kapan dipakai. Contoh imlementasi kernel adalah .dll (dynamic link library). Atau dalam windows kernel32.dll digunakan untk menejemen memori, input/output dan interupt.

Device driver adalah program komputer yang dapat menhubungkan atau menjembatani komputer dengan perangkat keras tambahan. Biasanya akan dimuat ke dalam ruang kernel OS. Tapi ada beberapa yang dapat berjalan di ruang pengguna. Perbedaan antara ruang pengguna dan ruang kernel adalah ruang pengguna menigkatkan stabilitas. Sedangkan ruang kernel dapat di akses hanya melalui penggunaan system calls.

Application programming interface (API) adalah sekumpulan perintah dan fungsi yang dapat digunakan user pada sistem operasi tertentu.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :